Resep Umpan Mancing Ikan Patin Di Kolam Hijau

Januari 26, 2019
pusatkatilayu.com | Patin adalah ikan siluriformes atau ikan berkumis yang masuk dalam kelompok genus pangasius dari keluarga pangasiidae. Selain ikan mas dan lele, ikan patin juga termasuk ikan yang bernilai ekonomi. Baik sebagai ikan konsumsi, ikan hias, maupun sebagai ikan pancingan dikolam pemancingan galatama, harian, atau lomba.
Resep Umpan Mancing Ikan Patin Di Kolam Hijau - Pusat Katilayu
Resep Umpan Mancing Ikan Patin Di Kolam Hijau

Adapun makanan kesukaan ikan patin kolam terbilang banyak. Umpan ikan patin dapat berupa umpan buatan yang dibuat dengan bahan-bahan tertentu, atau berupa umpan alami yang dapat langsung digunakan untuk mancing tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Umpan ikan patin alami yang dapat digunakan untuk mancing ikan patin dikolam salah satunya yaitu katak, udang, ikan kecil, atau telur puyuh aborsi.

Bagi yang tinggal diperkampungan, umpan ikan patin alami selain telur puyuh aborsi bisa didapatkan dari sawah, kebun, atau rawa-rawa secara cuma-cuma alias. Umpan ikan patin alami juga bisa berupa gendon atau anak tawon yang masih berada disarang, bisa juga berupa ulat. Akan tetapi, umpan mancing ikan patin alami ini sulit ditemukan oleh mereka yang tinggal diperkotaan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi resep umpan patin alternatif yang dibuat dengan bahan-bahan tertentu, terkhusus untuk mereka yang tinggal diperkotaan yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan umpan alami untuk mancing ikan patin. Selain bahan-bahan yang digunakan mudah didapat, juga telah teruji dan tidak kalah jitu dibanding umpan alami yang saya sebutkan diatas.

Resep umpan ikan patin buatan yang menggunakan bahan dasar berupa pelet ini sangat cocok untuk digunakan pada saat musim dingin atau dikolam pemancingan yang berair keruh dan hijau. Karena resep ini termasuk makanan buatan yang sangat disukai ikan patin kolam. Selain itu, resep umpan ikan patin ini telah berulang kali berhasil meraih juara lomba meski kolam patin berwarna hijau dan keruh.

Baiklah, kita siapkan bahan-bahan untuk membuat umpan mancing ikan patin kolam sebagaimana tertera dibawah ini:

1# 200 gram pelet
2# 1 kaleng sarden (ambil dagingnya saja)
3# Setengah telur semut atau kroto
4# 2 butir telur bebek matang (ambil kuningnya saja)
5# Essen Katilayu Patin
6# Air putih secukupnya
7# Wadah/ mangkuk

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan umpan mancing ikan patin di kolam telah disiapkan, maka tahap selanjutnya ialah meracik bahan-bahan tersebut sehingga menjadi makanan kesukaan ikan patin kolam yang siap digunakan. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut secara seksama agar mendapatkan hasil pancingan yang maksimal:

1# Untuk pertama kalinya, haluskan sarden dan kuning telur bebek matang di dalam wadah yang telah disiapkan sebelumnya. Proses ini bisa dilakukan baik secara manual maupun menggunakan blender.
2# Tahap yang kedua masukkan pelet ke dalam wadah tadi.
3# Kemudian, tambahkan air secukupnya dan aduk hingga sarden, kuning telur bebek, dan pelet tercampur rata.
4# Teteskan Essen Katilayu Patin 5 - 7 tetes, dan aduk kembali. Pastikan juga essen tercampur secara merata.
5# Tambahkan kroto dan aduk kembali.
6# Terakhir, bentuklah umpan ikan patin kolam menjadi berbentuk bulat kira-kira sebesar kelereng/gundu.

Selamat! Umpan ikan patin kolam telah siap digunakan. Jangan lupa selalu berdo'a agar lomba mancing ikan patin di kolam yang anda ikuti berhasil dimenangkan. Jika hasilnya kurang memuaskan, maka anda dapat menambahkan Essen Katilayu Patin sedikit demi sedikit sampai hasilnya sesuai harapan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »