Inilah Cara Mancing Ikan Nila Agar Dapat Banyak

Maret 16, 2018
pusatkatilayu.com: Ikan nila yang memiliki nama ilmiah Oreochromis niloticus termasuk ikan omnivore yang memakan apapun. Makanan ikan nila bisa berupa tumbuhan maupun hewan sebagai makanan utamanya, sehingga umpan untuk mancing ikan nila tergolong tidak sulit.
Inilah Cara Mancing Ikan Nila Agar Dapat Banyak
Ikan Nila Kolam Hasil Pancingan Malam Hari (pusatkatilayu.com)

Untuk mancing ikan nila, kita dapat menggunakan umpan hewan misalnya berupa laron, kroto, atau cacing. Adapun cacing yang paling jitu untuk mancing nila yaitu cacing yang hidup dibatang pohon pisang yang telah membusuk. Umpan mancing ikan nila juga bisa memakai tumbuhan seperti lumut hijau yang biasa kita temukan disawah atau ladang yang berair, bisa juga berupa daun talas, dan lain sebagainya.

Selain menggunakan umpan alami seperti yang saya sebutkan diatas, umpan mancing ikan nila juga bisa berupa pelet yang bisa kita beli ditoko alat pancing. Atau, bisa juga memakai umpan racikan yang kita buat sendiri menggunakan bahan-bahan tertentu, salah satunya yaitu memakai umpan dasar katilayu.

Resep cara membuat racikan umpan mancing ikan nila pernah saya muat pada tulisan sebelumnya, dan anda dapat mempelajatinya disana. Racikan tersebut merupakan umpan mancing ikan nila yang biasa saya gunakan ketika lumut tidak ada. Meski bagaimana pun juga lumut tetap masih tergolong sebagai umpan paling jitu untuk mancing nila, baik untuk nila kolam maupun nila liar.

Meski umpan untuk mancing ikan nila tergolong sangat mudah, tapi bukan berarti kita tidak memerlukan trik tertentu. Sebagaimana yang kita ketahui, adakalanya pada saat-saat tertentu ikan nila mogok makan sehingga umpan yang kita pasang dikail sama sekali tidak disentuh. Untuk itu, kita memerlukan trik khusus agar nantinya ikan nila hasil pancingan bisa lebih maksimal lagi.

Berikut adalah beberapa trik mancing ikan nila, baik untuk nila kolam maupun nila liar. Jika cara mancing ikan nila ini diterapkan dengan benar, maka hasilnya bisa lebih banyak dari biasanya:

1# Umpan mancing ikan nila
Meski umpan untuk mancing ikan nila tergolong mudah, namun kita tidak boleh meremehkannya. Pastikan umpan yang kita gunakan merupakan yang paling disukai ikan nila, misalnya lumut atau cacing. Jika kita akan menggunakan umpan lumut, tambahkan sedikit cuka dan garam agar hasilnya lebih galak. Sedangkan untuk cacing yang bagus yaitu yang didapat dari batang pohon pisang. Keduanya merupakan umpan jitu ikan nila.

2# Spot mancing
Selain memahami makanan ikan nila, perlu juga untuk memahami tempat bersarangnya didasar kolam atau sungai, karena ini sangat berpengaruh sekali. Ikan nila biasanya memiliki sarang berupa cekungan didasar air. Untuk mengetahuinya tentu kita harus menyelam ke dasar kolam. Nah, pastikan kail pancing kita tempatkan diatas cekungan tersebut sehingga mudah ditemukan.

3# Kedalaman pelampung
Selain mengetahui sarang ikan nila didasar air, juga tidak kalah pentingnya agar supaya kita mengatur ketinggian pelampung yang tepat dengan rata-rata kedalaman kolam, karena ikan cenderung berada dikedalaman tertentu. Aturlah ketinggian pelampung pancing sekitar 70% dari kedalaman kolam.

Demikian cara mancing ikan nila untuk saat ini. Saya akan terus mengupdate poin diatas sesuai dengan hasil pengamatan saya. Adapun cara mancing ikan nila yang susah makan akan saya muat secara terpisah pada tulisan berikutnya.

Semoga bermanfaat.

Pusat fosil genter katilayu, getah katilayu, dan essen katilayu asli Cirebon Jawa Barat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »